Scala adalah sebuah bahasa pemrograman yang menganut paham pemrograman fungsional. Bahasa ini berjalan pada Java Virtual Machine, sehingga bisa dengan mudah menggunakan library – library yang tersedia pada bahasa pemrograman Java. Artikel ini berisi tutorial bagaimana melakukan instalasi dan menjalankan program scala pada windows 10.

Bahasa pemrograman ini umumnya digunakan untuk menganalisa Big Data, Cluster Computing, dan tugas-tugas lainnya yang berhubungan dengan Concurrency dan Distributed Computing.

Tutorial ini akan menjelaskan bagaimana caranya menginstall Bahasa pemrograman Scala pada komputer dengan sistem operasi Windows 10.

Selamat mencoba!

1. Pastikan anda terkoneksi dengan internet.
2.Buka Command Prompt dari start menu, dengan mengetik cmd, lalu klik kanan dan  run as administrator

capture

3. ketik cmd lalu tekan tombol enter

capture

4. Install Chocolatey, Chocolatey adalah manajer aplikasi untuk windows. Copy dan paste baris kode dibawah ke command prompt, lalu klik enter

@powershell -NoProfile -ExecutionPolicy Bypass -Command "iex ((New-Object System.Net.WebClient).DownloadString('https://chocolatey.org/install.ps1'))" && SET "PATH=%PATH%;%ALLUSERSPROFILE%\chocolatey\bin"

capture

5. Pastikan Choco sudah terinstall dengan benar dengan cara mengetik

choco --version

Pada Command Prompt. Apabila sudah seperti screenshot dibawah, maka anda sudah berhasil menginstall Choco.

capture

6. Install Scala dengan mengetik:

choco install scala

7. Anda akan ditanyakan beberapa kali apakah ingin melanjutkan menginstall. Ketik y dan tekan tombol enter.

capture

8. Test Apakah scala sudah terinstall dengan benar dengan mengetik scala, lalu menekan tombol enter. Apabila terjadi kesalahan “not recognized as an internal or external command”, coba tutup command prompt lalu buka kembali.

capture

10. Apabila sudah seperti screenshot diatas, Maka selamat! anda sudah berhasil melakukan instalasi Scala pada komputer anda.

Selanjutnya anda bisa membaca dokumentasi dan tutorial lain mengenai topik ini menggunakan link dibawah:

https://www.scala-lang.org/documentation/
https://www.tutorialspoint.com/scala/
https://twitter.github.io/scala_school/

Selamat mencoba!

Join the Conversation

4 Comments

    1. Scala biasanya digunakan untuk memproses dan analisa big data, Data yang volumenya sangat besar sehingga tidak bisa di simpan dalam satu komputer dan harus di distribusikan ke beberapa komputer sekaligus untuk di proses. Contohnya dengan framework Apache Spark. https://spark.apache.org/

Leave a comment

Leave a Reply