Categories
Teknologi

Image organizer Terbaik

banyak banget foto di laptop gw. dari mulai foto perpisahan SD, smp sampe sma, foto liburan, wallpaper komputer, tugas sekolah sampe scanlation komik, bayangin komik, 1 chapter aja bisa 30 gambar.

masalahnya, foto foto itu makin lama makin numpuk & susah buat dicari. dulu pake sistem folder buat ngaturnya, tapi lama lama pusing juga ngeliat banyak banget folder yang ga beraturan dan ga betrnama.

akhirnya hunting program image organizer, nemu 3 buah program yang biasa dipakai, Acdsee, Picasa sama windows photo gallery.

awalnya nyoba pake Acdsee. tapi sama sekali ga suka dengan kerumitan dan kelambatanya. jdi sekarang di hati gw, cuma ada 2 program, Picasa dan Windows Photo gallery.

PICASA

Yang Paling gw suka dari picasa adalah image viewernya, kemudahan pakainya sama fitur face detection. pake fitur ini, si komputer langsung misah misahin muka dan kita tinggal kasih nama muka muka itu.  picasa juga punya fitur web album, yaitu langsung di upload ke album kita di internet. kekurangan picasa adalah foldernya ga bisa di bagi jadi folder lagi, jadi, bila punya foto yang di folder-folderkan, di tempatkan di satu nama sama picasa, yangmerupakan  big no no no bagi komik, soalnya dalam satu folder judul komik bisa terdapat beratus-ratus chapter. picasa juga punya fitur kolase, yang ngebuat kumpulan foto foto kita jadi kolase.

WINDOWS LIVE PHOTO GALLERY

Windows live photo gallery udah langsung ada di windows vista dan windows 7, dan bisa di install di windows xp melalui instalasi windows live. Photo gallery cenderung ringan dan ga makan banyak resource. yang paling gw suka dari program ini adalah program ini mempbolehkan folder dalam folder, jadi kita bisa atur dengan lebih mudah. kelebihan lainya, kita bisa search berdasarkan tanggal dengan hanya sekali klik, Fix foto standar seperti crop, red eye remove dsb. kekuranganya adalah file instalasinya yang lumayan membahana, preview yang keluarnya lama, dan tidak ada fitur face recognation seperti di picasa.

KESIMPULAN

kedua program sama sama bagus, tapi saya menyarankan menggunakan keduanya. picasa untuk album foto keluarga dan teman teman, dan menggunakan Windows live photo viewer untuk file file lain semacam komik, wallpaper dsb.

Leave a Reply