Semua orang pernah menunda, termasuk saya. Oleh karena itulah, saya mencari di internet, bagaimana sih caranya menghilangkan kebiasaan menunda, atau disebut juga procastination itu?

  1. Todoist https://todoist.com
    Teknik yang pertama adalah memecah pekerjaan yang besar menjadi pekerjaan-pekerjaan kecil yang bisa kamu lakukan hari ini. Teknik ini efektif karena biasanya penundaan terjadi karena terlalu banyaknya pekerjaan yang harus kamu lakukan, sehingga kamu bingung yang mana yang harus kamu lakukan terlebih dahulu. Todo list juga berperan sebagai agen “Gamification”. Kamu merasa telah melakukan sesuatu, setelah berhasil mengerjakan pekerjaan kecil. Tools yang saya sarankan adalah Todoist.Todoist bisa di unduh untuk Microsoft Windows, Mac, Android dan IoS.  Tools ini harganya gratis, Kamu bisa bayar untuk mendapatkan fitur seperti comment dan integrasi dengan google drive. Versi gratis tools ini sangat mumpuni. Setiap pekerjaan yang kamu buat, akan otomatis tersingkronisasi dengan handphone mu. Kamu juga akan mendapatkan reminder apabila pekerjaanmu sudah mendekati deadline. Tersedia juga berbagai template project siap guna!

  2. Be Focused https://xwavesoft.com/

    Be focused adalah program kecil untuk membantu kamu menerapkan metode pomodoro. Pomodoro adalah sebuah metode time management, dimana kamu “dipaksa” membagi waktu untuk mengerjakan tugas selama 25 menit. Kamu lalu diberikan kesempatan beristirahat selama 5 menit, atau setelah 4 set, kamu diberikan waktu  istirahat 15 menit. Kelebihan metode ini adalah kamu selalu merasa dikejar deadline. Pemecahan tugas yang besar menjadi tugas kecil juga membantu kamu mengurangi rasa stress akibat banyaknya tugas. Metode ini juga berati kamu mempunyai catatan pemakaian waktu. Setiap 25 menit yang kamu kerjakan, adalah murni apa yang harus kamu kerjakan. Tools ini tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X dan Iphone. Untuk android, tersedia juga aplikasi lain yang bertujuan sama.
  3. Momentum http://Momentumdash.com

    Momentum adalah extension untuk Google chrome dan Mozilla Firefox. Internet penuh dengan distraksi. Dari mulai Facebook, Twitter hingga instagram menghantui kamu setiap kali kamu mau mencari hal yang relevan dengan tugasmu. Tujuan dari extension ini untuk mengingatkan kamu tugas yang harus kamu kerjakan saat ini. Extension ini memiliki integrasi dengan todoist. Sayangnya, kamu harus membayar untuk melakukan hal tersebut.

Hal terakhir yang adalah bagaimana mengintegrasikan semua tools diatas menjadi sebuah cara bekerja. Diagram dibawah ini menjelaskan apa yang saya lakukan dengan tools diatas:

Saya telah mempraktekan metode ini dan berhasil menghilangkan kebiasaan menunda. Semoga berhasil!

Leave a comment

Leave a Reply