Categories
Teknologi

Cara Berkomunikasi Dengan ESP8266 Menggunakan Arduino

Tulisan ini adalah kelanjutan dari tulisan saya yang berjudul Rencana Proyek Kontrol Lampu Rumah Terintegrasi Internet dengan ESP8266. Silahkan baca tulisan tersebut untuk melihat apa tujuan, dan dimana bisa membeli bahan-bahan untuk mengikuti tulisan ini.

Hal yang paling pertama saya lakukan ketika menerima modul-modul tersebut adalah mencari tahu bagaimana cara mengkoneksikan Arduino ke komputer, dan bagaimana mengkoneksikan ESP8266 ke Arduino.

Setelah saya browsing lebih lanjut, saya salah mengira bahwa ESP8266 itu hanya sebuah modul wifi untuk Arduino. ESP8266 ternyata adalah sebuah mikrokontroler seperti Arduino, yang bisa di program dan memiliki port GPIO. Hal ini berarti modul itu bisa di koneksikan langsung ke komputer dan diprogram.

Yang menjadi masalah adalah, modul tersebut tidak memiliki port USB seperti Arduino, sehingga harus menggunakan adapter TTL serial ke USB seperti FT232RL. Kamu bisa membeli FT232RL disini seharga 80.000.

Untungnya, setelah saya pelajari lebih lanjut, Arduino bisa di hack sebagai adapter serial, sehingga kita bisa mengkoneksikan modul tanpa FT232RL. Masalahnya adalah, ESP8266 menggunakan voltase 3.3v, sedangkan voltase arduino adalah 5v. Hal ini berarti kamu beresiko merusak modul ESP8266 kamu, apabila menggunakan cara yang saya jelaskan dibawah, walaupun, saya sudah buktikan sukses melakukan hal ini.

Yang perlu di persiapkan:
1. Instalasi Arduino IDE (https://www.arduino.cc/en/Main/Software)
2. Konfigurasi SDK ESP8266 di Arduino IDE (Tutorial)

  1. Persiapkan Arduino dalam mode serial, Dengan cara menyambungkan pin RESET ke pin GROUND. (Pin ke 3 dengan pin ke 6)
    Reset-Pin
  2. Sambungkan Pin RX di modul dengan RX Arduino, TX dengan TX. Gunakan Gambar di bawah untuk melihat mana pin RX dan TX.Pin Out ESP8266
  3. Gunakan Breadboard, Sambungkan 3.3 volt (Penting! jangan gunakan VCC 5.5 Volt agar tidak merusak ESP8266 anda) Ke bagian + di breadboard, dan GND di arduino ke – di breadboard
    .Breadboard Connection
  4. Koneksikan VCC, CH_PD di ESP8266 ke + di breadboard, Sedangkan GND di modul ke – di breadboard.
  5. Silahkan koneksikan Arduino anda ke komputer, dengan Arduino IDE terbuka. Pilih Tools->Port di menu utama, sesuaikan dengan COM port Arduino anda. Setelah itu, pilih Tools->SerialMonitor. Pilih Both NL & CR, dengan BaudRate 115200. Lalu ketik “AT” dan klik Send.
    Screen Shot 2016-02-27 at 2.20.28 PM

Apabila tulisan OK, hal tersebut berarti anda telah berhasil berkomunikasi dengan ESP8266. Apabila belum, anda mungkin harus memeriksa sambungan kabel dan mencoba merubah baud rate menjadi lebih rendah. Anda bisa mencoba mencari Wifi, Koneksi ke Wifi dengan perintah-perintah AT command di bawah. Cara menuliskan perintahnya menggunakan SerialMonitor seperti diatas.

Kamu bisa melihat command command apa saja yang bisa di kirim di sini : http://wiki.iteadstudio.com/ESP8266_Serial_WIFI_Module

Selamat Mencoba!

Tulisan selanjutnya akan berfokus ke bagaimana cara memprogram dan memainkan port GPIOnya.

1 reply on “Cara Berkomunikasi Dengan ESP8266 Menggunakan Arduino”

Leave a Reply